Wisata Curug Gedhe Gunung Kidul Jogja – Bosan berwisata ke tempat-tempat yang mainstream? Anda bisa mencoba salah satu destinasi wisata alam yang ada di Yogyakarta, yaitu  Curug Gedhe Gunung Kidul Yogyakarta.

Dikelilingi pepohonan dan semak belukar serta udara yang sejuk dan asri, dijamin Anda akan dimanjakan oleh suasana yang ada di destinasi wisata satu ini. Anda penasaran? Silakan baca artikel ini lebih lanjut dan kunjungi tempat ini dengan paket wisata Jogja 2020 agar liburan Anda jadi lebih mudah dan murah.

Wisata Curug Gedhe Gunung Kidul

Menikmati Eksotisme Air Terjun Tersembunyi di Curug Gedhe Gunung Kidul

Curug Gedhe Gunung Kidul diberi nama “Gedhe” yang berarti besar karena air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Namun, ternyata destinasi wisata ini juga memiliki beberapa julukan lain seperti Curug Gedhe Lemah Abang, Curug Njurug,

Grojogan Curug, serta Curug Purba. Debit air di curug ini terbilang tinggi sekali, terutama di musim penghujan, air akan melimpah sangat deras. Wisatawan yang berkunjung dapat berenang, mandi, atau sekadar bermain air di lokasi air terjun yang memiliki kedalaman dasar 2 sampai 3 meteri ini. Anda tak perlu khawatir sebab aliran air dari curug ini mengalir dengan tenang.

Tempat ini diberi julukan Curug Purba karena terdapat tebing batu kapur serta semak dan pepohonan yang mengelilingi air terjun. Hal inilah yang menambah keeksotisan destinasi wisata satu ini. Jika Anda sedang mencari tempat untuk melepas penat dan menghirup udara yang sejuk, tempat ini cocok untuk Anda kunjungi.

Di atas Curug Gede terdapat air terjun yang berukuran lebih kecil. Anda dapat menyusuri aliran Sungai Gambyong dari bawah jembatan gantung untuk menuju ke air terjun kecil ini. Memang tidak terlalu tinggi, hanya kurang lebih 5 sampai 6 meter saja.

Tempat wisata ini terkenal dengan keindahannya yang tersembunyi karena belum banyak wisatawan yang berkunjung. Kebanyakan wisatawan merupakan masyarakat yang dekat dengan lokasi Curug Gedhe.

Lokasi Curug Gedhe Gunung Kidul

Destinasi wisata air terjun ini berada di perbatasan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunung Kidul. Untuk dapat menemukan lokasi Curug Gedhe Gunung Kidul yang terletak di Dusun Gembyong, Desa Ngoro-oro, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang terbilang cukup sulit.

Sebab tempat wisata ini terletak di tengah lembah yang dikelilingi bukit-bukit yang masih asri.  Air terjun ini masih berada di aliran Sungai Gambyong yang memiliki debit air yang tidak menentu tergantung musim. Di musim kemarau, debit air di Sungai Gambyong dan Air Terjun Gunung Kidul tidak begitu deras hingga tidak ada air yang mengalir di Sungai Gambyong dan jatuh dari air terjun.

Rute ke Curug Gedhe Gunung Kidul

Untuk dapat sampai di destinasi wisata ini, Anda cukup berkendara sejauh 12 km dari Kecamatan Patuk, atau sekitar satu jam perjalanan dari Kota Jogja. Ketika berkunjung, Anda dapat menempuh  rute Curug Gedhe Gunung Kidul melewati Gunung Api Nglanggeran.

Jika Anda berangkat dari Kota Jogja, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda menuju Jalan Wonosari, kemudian menuju ke Bukit Bintang sampai Anda menemukan perempatan Pos Polisi Patuk.

Di perempatan tersebut, Anda ambil jalur kiri menuju Ngoro-oro atau Nglanggeran. Kemudian Anda cukup mengikuti jalan tersebut hingga sampai di tower pemancar siaran televisi. Di perempatan Nglanggeran, Anda dapat belok kiri ke Curug Gede.

Ikuti saja jalan aspal yang terdapat sawah di bagian kiri dan kanannya hingga menuruni hutan jalan beton dan melewati pohon kembar keramat. Anda akan sampai di Parkiran Air Terjun tepatnya di Desa Gambyong. Dari parkiran, Anda akan melalui jembatan gantung tertinggi di Jogja yang berada di atas jurang dengan kedalaman kurang lebih 25 sampai 30 meter.

Jembatan ini menjadi penghubung antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunung Kidul. Setelah melewati jembatan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah yang menyejukkan mata. Anda cukup mengikuti jalan bambu yang telah disediakan pihak pengelola hingga Anda sampai di kawasan hutan.

Anda harus berhati-hati ketika melewati hutan karena medannya yang licin, maka pastikan Anda menggunakan alas kaki yang nyaman dan kuat ya. Setelah itu, Anda akan menuruni lereng hingga sampai di medan yang agak datar. Setelah melewati semua medan tersebut, akhirnya Anda sampai di lokasi utama Curug Gedhe.

Jika Anda sedang berada di Air Terjun Gambyong, Anda cukup menuruni tebing selama kurang lebih 5 menit, maka Anda akan sampai di Curug Gedhe ini.

Fasilitas Curug Gedhe Gunung Kidul

Kondisi alam air terjun yang masih asri memungkinkan Anda melakukan beberapa kegiatan alam yang seru, seperti mandi di air terjun, memancing di curug, dan kegiatan lainnya. Meski telah dikunjungi oleh wisatawan, tapi fasilitas Curug Gedhe Gunung Kidul seperti mushola, toilet, dan warung makan belum tersedia. Namun, Anda sudah dapat menitipkan kendaraan Anda di tempat parkir yang telah disediakan.

Selain berenang, bermain air dan berfoto ria, pengunjung yang datang juga dapat memancing di lokasi ini, sementara bagi Anda para pecinta alam, Anda juga dapat melakukan aktivitas olahraga menuruni tebing atau rappeling].

Jam Operasional Curug Gedhe Gunung Kidul Yogyakarta

Jam buka Curug Gedhe Gunung Kidul mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Anda dapat berkunjung di hari apapun bersama keluarga, teman, atau pasangan Anda. Namun, disarankan Anda berkunjung ketika musim penghujan agar Anda dapat menjelajah dan menikmati guyuran air terjun di tempat ini.

Kondisi sekitar air terjun benar-benar asri dan masih tidak terdapat vandalism. Airnya pun sangat jernih, sehingga bisa membantu Anda menghilangkan penat setelah sepekan beraktivitas.

Tiket Masuk Curug Gedhe Gunung Kidul

Harga tiket Curug Gedhe Gunung Kidul sangat murah meriah. Anda cukup membayar Rp5.000 saja per orangnya. Sementara tarif parkir kendaraan di tempat ini adalah sebagai berikut :

  • Tarif parkir kendaraan bermotor roda dua: Rp 2.000/ kendaraan.
  • Tarif parkir kendaraan roda empat: Rp 3.000/ kendaraan.

Tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, Anda sudah bisa menikmati pemandangan air terjun dan alam sekitar destinasi wisata ini.

Jika Anda sedang berada di Yogyakarta untuk berlibur, rasanya saying sekali jika tidak mencoba berpetualang bersama keluarga, teman, maupun pasangan Anda ke Curug Gedhe Gunung Kidul Yogyakarta dan menikmati cantiknya pemandangan pepohonan, tebing yang menjulang tinggi, air terjun yang mengguyur deras, dan nuansa yang damai.

Anda dapat berkunjung ke tempat ini dan tempat-tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta dengan fasilitas paket wisata Jogja 2020Dijamin liburan Anda akan lebih asyik dan anti ribet. Semoga liburan Anda menyenangkan dan berkesan ya.

Comments 0

Leave a Comment