Curug Setawing Jogja – Curug Setawing sebenarnya salah satu tempat wisata di perbukitan menoreh  dengan pemandangan alam yang mempesona. Air terjun di sini membuat kondisi sekitarnya menjadi sejuk. Jika ingin berkunjung ke sini jangan lupa ajak keluarga dengan menggunakan paket wisata Jogja.

Wisata Curug Setawing

Daya Tarik

Sesuai namanya, maka daya tarik yang dimiliki Curug Setawing ada pada air terjunnya dan kondisi area kawasan air terjun tersebut. Ketika musim hujan tiba, debit air yang dihasilkan cukup melimpah. Meskipun lokasinya yang jauh dari kota, tetapi kondisi perjalanan ke lokasi tidak sulit dan tidak terjal.

Nuansa pedesaan akan menyambut pengunjung dengan keramahan warga sekitar. Hutan kecil  dan lahan pertanian menghiasi perjalanan hingga tiba di spot air terjun tersebut. Perhatikan kebersihan selama perjalanan, hindari membuang sampah baik di lokasi air terjun ataupun selama perjalanan.

Setelah tiba di lokasi, pengunjung akan disambut oleh keindahan air terjun yang jatuh dari atas ketinggian sekitar 45 meter. Pengunjung akan dimanjakan dengan suara khas air terjun  yang jatuh dan mengalir di atas bebatuan. Hijaunya pemandangan pun akan  tampak jelas sebab air terjun yang dikelilingi pepohonan dan batuan pun ditumbuhi lumut. Uniknya, air terjun ini hanya ditemukan ketika musim penghujan tiba. Selain di musim hujan sulit  melihat dan merasakan sensasi air terjun di lokasi ini.

Keistimewaan air terjun tak lepas dari letaknya yang berada diatas bukit, sehingga tampak mempesona ketika jatuh dari atas ketinggian mencapai bebatuan di bawahnya. Air terjun juga dihiasi oleh tebing di sekitarnya, dimana tebing ini memiliki permukaan berundak. Air jatuh secara melebar sebab mengenai beberapa tebing terlebih dulu.

Bermain di Kubangan Air

Berkunjung ke Curug Setawing umumnya digunakan pengunjung untuk merasakan nikmatnya air pegunungan ini. Sehingga jangan lewatkan menikmati kubangan air terjun, baik hanya sekedar mencuci kaki dan tangan ataupun mandi  saja sekaligus untuk membasahi tubuh. Kesejukan air langsung dari mata air sangat terasa masuk ke pori-pori kulit.

Pengunjung yang tidak ingin mandi bisa menikmati sensasi air terjun dengan duduk di sekitar air terjun. Jangan lupa abadikan banyak momen di lokasi ini sehingga perlu siapkan kamera yang bagus.

Tangga Menuju Air Terjun

Saat ini Curug Setawing sudah meyediakan semacam tangga agar pengunjung lebih mudah naik ke spot utama air terjun. Perbukitan menoreh menyimpan banyak objek wisata, salah satunya air terjun ini. Sehingga jika pengunjung datang ke sini, selain bisa menikmati indahnya air terjun juga sekaligus menikmati pesona perbukitan menoreh. Perbukitan ini juga menyimpan goa  dengan keindahan tersendiri seperti goa Kiskendo dan goa Seplawan yang bisa dikunjungi setelah menikmatin  pengalaman di air terjun ini.

Dihiasi Air Terjun Kecil

Perjalanan menuju air terjun Curug Setawing utama dihiasi oleh beberapa air terjun kecil. Dimana air terjun  kecil sebenarnya aliran dari air terjun utama. Daya tariknya memang jelas tampak ketika musim penghujan tiba, namun pengunjung harus memperhatikan keselamatan sebab lokasi air terjun yang licin. Momen di bawah air terjun sambil menikmati sejuknya air jangan lupa diabadikan.

Tips Berkunjung

Mengingat lokasi Curug Setawing yang sangat jauh dari perkotaan maka ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk berkunjung ke lokasi ini.

  • Siapkan kondisi tubuh dalam keadaan prima.
  • Begitu juga dengan kendaraan dengan mesin yang bagus, jangan mogok di tengah jalan.
  • Bawa baju ganti terutama untuk pengunjung yang ingin mandi, sandal yang nyaman dengan baju yang nyaman, Selain itu, jangan bawa sandal yang licin sebab lokasi di air terjun memang sudah licin.
  • Buang sampah pada tempat yang sudah disediakan.
  • Jangan lupa ajak keluarga agar pengalaman liburan semakin menyenangkan.
  • Siapkan kamera untuk mengabadikan berbagai momen saat menikmati air terjun, ditambah pemandangan yang indah menjadi latar belakang foto yang bagus.
  • Bawa air minum atau bisa membelinya di warung makan terdekat kawasan air terjun.

Lokasi Curug Setawing

Pengunjung dapat menemukan Lokasi Curug Setawing di setelah jalan berkelok-kelok di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo,Yogyakarta.

Jam Operasional Curug Setawing

Jam operasional Curug Setawing selalu dibuka setiap hari, wisatawan bisa berkunjung mulai jam 07.00 pagi sampai jam 18.00 sore. Hal ini berlaku setiap hari.

Rute Curug Setawing

Jarak antara rute Curug Setawing dengan pusat kota cukup jauh sehingga pengunjung yang datang ke sini harus memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi baik dan mampu menempuh perjalanan jarak jauh. Kurang lebih memiliki jarak 35,7 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam lebih. Berikut rute yang bisa dilalui jika ingin ke air terjun Setawing.

Pengunjung yang mulai berjalan dari pusat 0 km kota Yogyakarta, silahkan arahkan kendaraan ke barat melalui jalan KH Ahmad Dahlan. Lurus terus hingga bertemu jalan Wates.  Masih harus lurus terus hingga bertemu perempatan ring road barat  kemudian belok kanan melalui jalan  Siliwangi. Perjalanan masih dilanjutkan bertemu lagi dengan perempatan  belok ke barat menuju jalan godean hingga jalan Watu Murah, sampai diperempatan  belok ke utara melewati jalan Nanggulan Samugaluh. Lanjutkan  jalan hingga bertemu petunjuk arah ke lokasi yang dituju.

Meskipun jarak ke lokasi cukup jauh namun selama perjalanan pengunjung akan dihibur dengan pemandangan pedesaaan yang masih terawat dengan hutan-hutan kecil yang menghiasi sepanjang perjalanan. Pengunjung disambut dengan keramahan masyarakat setempat sehingga merasa nyaman berkunjung ke lokasi ini.

Fasilitas Curug Setawing

Fasilitas Curug Setawing yang sedang dalam proses pengembangan ini sebenarnya  belum cukup memadai. Namun begitu, di sini sudah disediakan  toilet dan warung kecil. Juga ada gazebo yang disediakan untuk pengunjung yang ingin beristirahat setelah menikmati indahnya air terjun. Memang fasilitas yang disediakan belum memadai, namun  tetap banyak pengunjung yang datang  ke lokasi air terjun ini.

Selain itu juga  tersedia lokasi pembuangan sampah sehingga pengunjung tak boleh membuang sampah sembarangan. Juga terdapat mushalla sehingga pengunjung bisa menikmati liburan tanpa ketinggalan shalat.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Curug Setawing

Harga tiket masuk Curug Setawing bersifat sukarela artinya pengunjung diwajibkan membayar biaya wajib sebesar Rp 7 ribu dan selanjutnya  pengunjung yang ingin memberikan biaya masuk lebih dari ini juga sangat diperbolehkan. Uniknya disediakan buku tamu untuk pengunjung yang lengkap untuk mengisi kesan selama berkunjung ke lokasi ini.

Sementara itu untuk biaya parkir  jika pengunjung membawa roda dua maka parkir sebesar Rp 2 ribu, sedangkan untuk pengunjung yang membawa kendaraan maka parkir kendaraan sebesar Rp 5 ribu.

Sekian penjelasan tentang keindahan Curug Setawing lengkap dengan lokasi,  rute , fasilitas hingga jam operasional. Jangan lupa perhatikan tips di atas jika ingin berkunjung ke air terjun ini. Ajak teman-teman dan keluarga menggunakan  paket wisata Jogja agar biaya kunjungan lebih hemat.

Comments 0

Leave a Comment